Minggu, Mei 19, 2024
spot_img
BerandaNewsVertical DigiMagz : Deretan Mesin Mesin Pendukung Yang Tak Bisa Disepelekan Saat...

Vertical DigiMagz : Deretan Mesin Mesin Pendukung Yang Tak Bisa Disepelekan Saat Ini!

Vendor Of The Day : Maxipro

Vertical Shared

Untuk melakukan percetakan selain menggunakan mesin utama tentulah Anda sangatlah membutuhkan mesin pembantu atau pendukung sehingga sebuah hasil cetak memiliki nilai yang dapat digunakan untuk branding perusahaan.

Berikut adalah mesin-mesin finishing yang biasa digunakan untuk membantu proses percetakan buku dan berbagai jenis produk cetak lainnya:

Mesin Laminating/Laminasi

Mesin laminating/laminasi di gunakan untuk finishing dalam sebuah proses percetakan. Bahan yang digunakan biasanya adalah plastik tipis yang memiliki perekat atau lem dan pada umumnya jenis plastiknya adalah doff dan glossy. Untuk memilih laminating mana yang akan Anda gunakan tentu Anda membutuhkan permintaan yang akan dilakukan oleh pelanggan Anda.

Ada dua jenis mesin laminating/laminasi yang harus diketahui:

a. Mesin Laminasi Panas

Mesin laminasi thermal ini membutuhkan panas agar plastik laminasi dapat menempel pada bagian kertas yang akan dilaminating.

b. Mesin Laminasi Dingin

Bahan plastik pada Mesin laminasi ini sudah memiliki lem yang cukup kuat, sehingga mesin laminasi hanya berupa roll yang fungsinya mengepress dan menempelkan laminasi ke bahan kertas yang akan dilaminasi

Mesin Pond atau Die Cut

Mesin Pond atau Mesin Die Cut adalah jenis mesin yang digunakan untuk membentuk kertas sesuai dengan yang Anda butuhkan. Mesin ini sangat membantu dalam usaha percetakan Anda untuk membuat beberapa produk percetakan seperti, amplop, map perusahaan, kartu nama dengan bentuk yang tidak standar, kemasan, undangan dengan bentuk yang menarik atau unik, dan lain sebagainya.

Mesin Hotprint

Mesin hotprint adalah jenis mesin yang memiliki nama poly emboss dan mesin ini memiliki fungsi untuk melakukan percetakan yang khusus seperti percetakan yang ada di undangan-undangan dan cover buku. Mesin ini akan menghasilkan tulisan atau logo berwarna silver atau gold.

Sehingga biasa digunakan untuk mencetak nama pengantin dalam undangan. Juga banyak digunakan untuk mencetak undangan rapat, kartu nama, kop surat dan lain sebagainya. Cetakan dengan tinta emas timbul juga sering Anda dapati pada cover buku rapor atau map ijazah.

Mesin Lipat Kertas

Pekerjaan melipat memang terlihat sangatlah mudah, tapi bagaimana jika pekerjaan melipat dalam jumlah yang sangat banyak? Anda sangat membutuhkan Mesin lipat dalam usaha percetakan. Ketika pekerjaan melipat dilakukan dalam jumlah yang sangat banyak. Terdapat 2 jenis mesin lipat yang sering digunakan dalam usaha percetakan:

Mesin lipat dengan sistem roller – Biasa digunakan untuk jenis kertas yang tidak ada coating

Mesin lipat dengan sistem angin – Biasa digunakan untuk jenis kertas yang terdapat coating


Mesin Potong Kertas

Jika ingin memulai usaha percetakan offset, mesin potong adalah mesin yang wajib untuk Anda dimiliki. Ada banyak sekali ukuran yang tersedia di pasaran mulai dari ukuran 45, 65, 92, 115 dan 130.

Memiliki mesin potong dengan ukuran yang besar memang sangatlah menguntungkan, akan tetapi harus dilihat besar tempat dan budget yang dimiliki. Jangan sampai berinvestasi yang berlebih dikarenakan mesin yang dibeli tidak akan bekerja maksimal sesuai kapasitasnya.

Mesin Mata Ayam

Mesin Mata Ayam ini digunakan untuk proses finishing banner atau spanduk. Sehingga mesin ini sangat dibutuhkan sekali. Ada jenis mesin yang manual dan ada juga yang otomatis, Tentu saja mesin mata ayam otomatis lebih efisien dan mudah dalam penggunaannya. 

Mesin Creasing atau Rel

Mesin rel adalah mesin yang digunakan untuk membuat garis lipat. Jika Anda mencoba untuk melipat tanpa menggunakan mesin rel ini maka garis akan terlihat tidak rapi. Jenis pekerjaan yang biasa dilakukan dengan menggunakan mesin ini adalah brosur, booklet, katalog, manual book dan lainnya.

Mesin Jilid Buku Lem Panas

Mesin jilid buku lem panas / glue binding merupakan mesin yang menyatukan lembaran kertas menjadi sebuah buku menggunakan bahan lem panas. Terdapat dua jenis lem panas yaitu lem punggung dan lem samping. Teknik ini juga disebut perfect binding.

Mesin Jilid Buku Spiral

Mesin jilid spiral adalah alat untuk menjilid buku menggunakan bahan spiral kawat ataupun plastik. Teknik jilid ini umumnya digunakan untuk menjilid makalah, tugas akhir, presentasi, proposal, dan berbagai dokumen lainnya.

Sudah tahu bukan jenis-jenis mesin yang biasa digunakan untuk melakukan percetakan digital dan mesin apa saja yang menjadi penunjang. Anda bisa mempelajari hal yang lebih lanjut dengan membaca beberapa referensi buku dan artikel lainnya.

Sekian penjelasan mengenai jenis mesin dalam dunia percetakan offset dan percetakan digital, semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang memberikan solusi percetakan yang terpercaya.

Jika Anda akan mulai usaha di dunia percetakan offset dan digital printing kenali macam-macam mesin yang sesuai dengan usaha Anda. Di Maxipro. Perusahaan yang menjual berbagai mesin finishing sesuai kebutuhan usaha Anda.


Vertical Shared
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments